Perjalanan Buka Bersama di Tahun 2018

Juni 11, 2018
Assaamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Ramadhan sebentar lagi mau pamit nih, rasanya kok cepet amat ya.

Oke openingnya cukup ya. Jadi, gue itu mau membagi cerita gue di Ramadhan tahun ini tentang buka bersama. Yups, buka bersama merupakan salah satu "ritual" wajib yang harus dilakukan selama Ramadhan. Ya namanya kan lagi puasa jadi ya otomatis harus buka dong. Sakti banget lo puasa nggak pake buka segala.

Ini tahun pertama gue menjalankan Ramadhan bersama istri. Ini gue ngeri sih nulis ini, takut ada yang baper. Maaf maaf nih sebelumnya, bukan mau bikin baper, tapi baper atau enggaknya seseorang itu kan dipengaruhi faktor hatinya. Kalau mau membuka hati dan menerima kenyataan InsyaAllah nggak baper.

1. Buka Bersama Istri

Hari pertama dan sebagian besar waktu berbuka gue dihabiskan bersama istri dan orangtua. Gue sih bersyukur pake banget nggak kayak tahun kemaren (tahun ini lebih baik). Tahun kemaren gue sebagian besar waktu berbuka dihabiskan di jalan. Yaps, karena faktor lokasi kantor gue yang lumayan jauh sekitar 20an km dari rumah gue. Di tahun ini gue yang alhamdulillah udah nikah, plus dapat kantor yang lokasinya nggak jauh lah dari rumah. Sekitar 7 km udah sampai. 

Istri gue jan jadi guru SMK tuh, jadi sebelum magrib udah pasti sampai rumah. Bisa nyiapin aca acu buat buka. Hmmmm pas gue dateng sekitar jam setengah 6an itu sudah tersaji teh hangat, gorengan, kurma, es buah, dan lain-lain. Dateng Buka Doa (DBD). Enak nggak? Enak dong. Buat lo yang merencanakan pernikahan, gue doain deh semoga Ramadhan tahun depan bisa merasakan gimana sih enaknya buka puasa sudah tersaji semuanya. Buat lo yang cewek, suatu saat nanti lo juga bakal merasakan nikmatnya membuatkan Ifthor buat suami tercinta.

2. Buka Bersama Kelas XI Perbankan Syariah

Dimulai dari kelas XI PS (Perbankan Syariah) mengadakan buka bersama di rumah ibu gue. Jadi, ini kelas XI PS ini merupakan satu dari beberapa kelas yang diajar sama istri gue. Kelas ini rutin mengadakan arisan ala ala gitu deh. Nah, gue dan istri gue termasuk anggotanya. Dulu, pertama kali pembukaan arisan yang diadain di rumah ibu gue, mereka sepertinya langsung betah deh. Pas di bulan puasa tahun ini, langsung dah mereka ngajakin buka bersama. Selamat ya, kalian menjadi kelas pertama yang mengajak Ibu Eliyana untuk berbuka bersama.

Menurut gue sih, ini kelas orangnya asyik-asyik. Gue dapet sebutan khusus yakni "Om"

Kesannya kayak Om Om yang nakal gitu ya hmmmmm...Tapi bukan om yang nakal ini mah. Ini om yang friendly banget sama anak-anak. Pas acara buka bersama kemaren emang nggak lengkap sih, tapi lumayan ramai lah. Buka gak cuma asal buka aja, ada tarawihnya dan akibatnya pulang jadi lebih malam. Kelas XI PS asyik, mantap, ramai, berisik, dan nggak ngebosenin deh pokoknya. So, apakah kalian masih mau buka bersama lagi di tahun depan?

3. Buka Bersama Kelas X Akuntansi

Nah ini kelas yang sering diomongin sama istri gue.

"Berisik banget"

"Seneng dangdutan"

Pokoknya segala keburukan yang ada di gue itu dicap ke kelas ini deh. Sekarang mah gini aja ya, istri gue kan wali kelas X Akuntansi (X AK), ya menurut gue sih wajar kalau anaknya berisik dan seneng nyanyi. Liat aja ibunya. #tunjukistrigue.



Pas acara pernikahan gue di rumah istri gue tuh, ini perwakilan dari X AK naik ke panggung terus joget bro. Dari sini mah udah ketaker lah demenannya gimana. Kalo nggak Via Vallen ya Nella Karisma palingan. Btw guys, kelas ini asyik kok. Berisik iya. Nyablak iya. Tapi seru kok. Pas gue dateng ke lokasi bukber, oh iya lokasi bukbernya itu di salah satu rumah siswa, langsung ramai. Kelas ini tuh sebenernya iri sama kelas sebelah yang udah pernah diajak main ke rumah, eh anaknya sendiri (anak wali kelamakudnya) belum pernah diajak.

Gue dapet sebutan "Papa" dari kelas ini. Dateng-dateng ada yang nyeletuk gini, "Bu suaminya cocoknya sama saya deh bu, sama ibu nggak cocok"

Nahloh ada apa dengan mereka?

4. Buka Bersama XI Administrasi Perkantoran

Jujur, ini kelas bikin gue bingung. Kenapa nggak sampi 10 orang yang dateng? Eh ternyata ini segerombolan geng yang merasa dekat dengan istri gue. Baiklah gue paham sekarang. Baru pertama kali dateng nih mereka ke rumah. Untung nggak pakai nyasar karena waktu itu datangnya mepet pas banget magrib. Bagaimana impresi dengan mereka saat pertama kali?

Ini kelas seru. Suka ngegosipin guru, kelas lain, dan banyak banget deh serunya. Alhamdulillah mau diajak sholat tarawih juga pas setelah buka puasa. Kalian mantap banget deh. Mungkin mereka bingn kali ya pas gue dateng dan ikut duduk bareng mereka. Pasti tadinya ngira suaminya Ibu Eli itu kayak suami guru-guru yang lain. Serius, serem, galak, kiler ngiler, dn lain sebagaiya. Tapi nyatanya? Gue dapat sebutan baru tuh, kata salah satu diantara mereka bilang gini

"Dipanggil bapak, nggak pantes"

"Dipanggil kakak, bukan kakak juga"

"Mas aja gimana? Atau bang?"

Lah...emang lo kira gue abang somay kali ah. Tapi nggak apa-apa, kan kita sama-sama masih belajar guys.

5. Buka Bersama Divisi Education Content Development

Setgelah 3 hari berturut-turut buka puasa sama anak-anak SMK yang cantik dan unyu-unyu itu, sekarang kembali ke kantor. Jadi, gue ini kan kerja di salah satu start-up yang fokus di bidang pendidikan, lokasinya itu ada di Tebet. Gue masuk sebagai salah satu anggota dari tim Educational Content Development. Ini divisi yang paling banyak jumlahnya. Buka bersamanya pun di salah satu rumah makan yang nggak jauh dari kantor lah ya.


Gue pribados seneng bise kerja bareng sama tim ini. Ada guru (master Teacher) yang biasa diajak konsultasi kalo materi artikel yang mau gue bikin itu sulit banget. Ada teman-teman content analyst dan script write yang bisa diajak bercanda atau hanya sekadar jalan masjid. TOP banget dah tim ini.

6. Buka Bersama Arisan Kampus
Gue dan beberapa temen gue, ya termasuk istri gue juga sih. Masuk dalam anggota arisan temen kampus. Ya meski anggotanya cuma 10 orang, tapi seru, asyik, dan mantap banget deh. Ini rencananya dihadiri oleh 8 orang anggota arisan. Namun, karena beberapa alasan, 3 orang batal hadir. Ngga apa-apa InsyaAllah diberikan kekuatan dan kesempatan di waktu lain.


Gue sih salut sama salah seorang anggota arisan ini. Rumah di Ciledug, tapi ke Rawamangun (lokasi bukber) pun dijabanin. Kagum juga lho padahal doi nonmuslim. Ini yang namanya toleransi sesungguhnya. Mantap djiwooo. Arisan di Bekasi dateng, arisan di Tangerang dateng. Mantap bener dah. Semoga sehat selalu ya Mak.

7. Buka Bersama Tim Education Content Portal

Apa yang lo bayangin tentang tim ini? Jagain portal komplek. Yap benar. Portal pendidikan maksudnya. Tim ini bekerja untk memproduksi artikel pendidikan. Eits...nulis artikelnya ini nggak boleh asal. Materi kasarnya udah disiapin sama tim guru nah kamilah yang mengolah materi tersebut menjadi tulisan yang bersahabat dan mudah dimengerti bagi pembaca.

Doakan kami agar senantiasa mampu memberikan tulisan yang bermanfaat bagi dunia pendidikan di Indonesia ya. Bagi teman-teman SD, SMP, SMA yang mencari informasi buat bahan belajar dari materi di sekolah bisa mampir di Blog Ruangguru ya.

8. Buka Bersama Ruangguru

Pasti lo nggak asing kan dengan salah satu start up ini? Yup, di Ruangguru gue kerjanya. Bergabung dengan perusahaan yang peduli dengan pendidikan di Indonesia menjadi kebanggaan buat gue. Terlebih istri gue kan guru tuh, jadi biar impas lah suami istri punya andil dalam pendidikan untuk anak-anak.

Alhamdulillah kemaren gue sempet merasakan atmosfer berbuka puasa bersama dengan rekan kerja satu kantor. Makanan dan minuman melimpah, berkah ya InsyaAllah. Semoga tahun depan acara buka bersamanya lebih enak dan lebih baik lagi. Syukur-syukur diadain di luar kantor hehehehehe.

Buka puasa bersama sih sebenarnya bisa menjadi salah satu ladang pahala buat kita lho guys. Pasti lo pernah denger kan kalau orang yang memberi makanan untuk berbuka kepada orang yang berpuasa itu dapat ganjaran. Apa ganjarannya? Ya pahala orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa.

www.islamarticles.net
Nah guys, itu tadi cerita gue tentang buka puasa bersama di tahun ini. Semoga Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan terbaik kita ya. Selalu berharap untuk berjumpa dengan bulan yang mulia ini di tahun depan. Buat lo yang lagi mudik atau akan mudik, semoga senantiasa sehat dan dilancarkan perjalannya. Semoga selamat sampai tujuan ya guys.

Jazakumullah khairan katsir

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh
Previous
Next Post »
0 Komentar

BangBot. Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email